Iklan

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Belajar Apa? dan Pekerjaan Setelah Lulus

Penulis - Agus Triono
Selasa, 09 Januari 2024
Last Updated 2024-01-10T04:10:47Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Belajar Apa? dan Pekerjaan Setelah Lulus. (Foto: Sulaiman)

SMKMANUSAWA
- Apakah kamu suka memodifikasi motor atau mobil? Kalau iya, mungkin kegemaran itu bisa kamu salurkan dengan masuk ke jurusan Teknik Kendaraan Ringan atau TKR yang merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Yuk, kita pahami lebih dalam mengenai jurusan ini!


Apa Itu Jurusan TKR?

Jurusan TKR adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Di jurusan ini, kamu akan dibimbing agar memiliki keahlian di bidang jasa perbaikan dan perawatan kendaraan ringan. Kendaraan ringan di sini maksudnya adalah kendaraan yang memiliki roda tidak lebih dari empat, seperti mobil dan motor.


Dengan ilmu yang kamu pelajari di SMK, setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi seseorang yang ahli di bidang otomotif. Hal tersebut pastinya akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi kamu, misalnya ketika kendaraan kamu mengalami kerusakan, kamu nggak perlu lagi memanggil teknisi. Selain itu, sebagai lulusan TKR kamu juga bisa menggeluti berbagai macam profesi, lho. Kira-kira apa aja ya?


Hmm, sebelum cari tahu tentang prospek kerja lulusan TKR, kita simak dulu ya apa aja yang akan kamu pelajari di jurusan ini.


Apa yang Dipelajari di Jurusan TKR?

Supaya gambaranmu tentang jurusan TKR semakin jelas, berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui di jurusan ini:


1. Gambar Teknik Otomotif


Pada mata pelajaran ini, kamu akan banyak mempelajari teknik menggambar yang berkaitan dengan otomotif. Tujuannya, agar kamu dapat menunjukan bentuk dan nama-nama komponen bagian luar dan dalam mesin. Selain itu, gambar teknik otomotif juga mempermudah kamu dalam menjelaskan prinsip-prinsip kerja mesin.


2. Dasar-Dasar Mesin


Untuk bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mesin kendaraan, pastinya kamu harus memahami dasar-dasar mesin terlebih dahulu. Beberapa hal yang akan kamu pelajari di sini adalah jenis-jenis bahan, sifat fisik dan kimia, serta sifat listrik dan mekanik yang berkaitan dengan proses manufaktur.


3. Teknologi Dasar Otomotif


Di pelajaran ini, kamu akan mempelajari berbagai konsep dasar yang berkaitan dengan teknologi otomotif, seperti mengenal jenis dan fungsi alat pemadam api ringan, mengidentifikasi model-model mesin, serta memahami keselamatan dan kesehatan kerja.


4. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTM)


Pada pelajaran PDTM, kamu akan diajarkan teori tentang ilmu dasar mesin yang dapat diimplementasikan saat praktik penggunaan mesin. Materi PDTM sendiri mencakup pengenalan mekanik teknis, komponen mesin, dan sebagainya.


5. Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan


Nggak cuma belajar memperbaiki mesin kendaraan yang rusak, tetapi kamu juga akan belajar cara memelihara berbagai jenis mesin kendaraan. Di sini ,kamu dituntut untuk memahami cara kerja dan cara merawat mesin, serta cara menganalisis dan memperbaiki kerusakan pada mesin. Beberapa materi yang akan kamu pelajari adalah sistem utama mesin, sistem pelumasan dan pendingin mesin, sistem bahan bakar bensin, dan lain-lain.


6. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan


Di pelajaran ini, kamu akan dibimbing untuk memahami teknik dan sistem kelistrikan yang digunakan pada sebuah kendaraan. Pembelajaran ini bertujuan agar kamu dapat menerapkan perawatan sistem kelistrikan kendaraan ringan, sistem pengaman, sistem penerangan serta panel instrumen, dan masih banyak lagi.


7. Produk Kreatif dan Kewirausahaan


Pada pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, kamu akan bertemu dengan ilmu-ilmu wirausaha dan pembuatan produk kreatif yang berkaitan dengan dunia otomotif. Produk kreatif yang dimaksud seperti sistem keamanan yang canggih untuk mobil, alat pembuka ban motor, pengisi daya aki otomatis, dan masih banyak lagi. Pelajaran tentang kewirausahaan juga pastinya bisa menjadi modal kamu untuk mengembangkan usaha sendiri seperti membuka bengkel.


Itulah beberapa mata pelajaran jurusan TKR yang dapat mendukung kemampuanmu di bidang otomotif. Lantas, kalau sudah menguasai bidang tersebut, kira-kira profesi apa aja ya yang bisa kamu geluti?


Lulusan Jurusan TKR, Kerja Jadi Apa Ya?

Quipperian, salah satu keuntungan dari lulusan TKR adalah memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Berikut adalah beberapa profesi yang bisa kamu jadikan pilihan dalam berkarier:


1. Mekanik


Setelah lulus dari SMK, pastinya kamu bisa menjadi seorang mekanik. Mekanik sendiri adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perbaikan berbagai kendaraan, seperti mobil, motor, bus, truk, dan sebagainya.


Selain itu, sebagai seorang mekanik, kamu juga bertugas melakukan perawatan rutin pada kendaraan, mendiagnosis kerusakan, serta membuat rincian biaya perbaikan dan jadwal rutin pengecekan kendaraan.


2. Operator alat berat


Operator alat berat adalah seseorang yang bertugas mengoperasikan alat-alat berat, seperti bulldozer, excavator, wheel loader, dan sebagainya. Keberadaan profesi ini sangat penting karena penggunaan alat berat yang tidak tepat dikhawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan.


Beberapa tugas operator alat berat di antaranya adalah melakukan pengecekan terhadap alat berat sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku, melakukan pemeriksaan dan perawatan alat berat secara berkala, serta menempatkan alat berat sesuai ketentuannya.


3. Modifikator


Selanjutnya, kamu juga bisa meniti karier sebagai modifikator. Seorang modifikator bertanggung jawab untuk melakukan modifikasi atau kustomisasi di beberapa bagian kendaraan sesuai dengan permintaan klien. Salah satu contoh tugasnya adalah mengganti spion, pelek, jok, dan lain-lain. Sebagai modifikator, kamu bisa bekerja di bengkel modifikasi ataupun membangun bengkel secara mandiri.


Pegawai di industri otomotif


Di Indonesia, banyak sekali perusahaan multinasional yang bergerak di bidang otomotif. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi kamu lulusan TKR. Kamu bisa bekerja di berbagai pabrik perusahaan tersebut dengan menjadi operator produksi, operator perakitan, dan operator Quality Control (QC).


Selain yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa meniti kariermu sebagai pegawai showroom/ dealer, tenaga pengajar, dan tentunya wirausaha. Menarik-menarik semua ya profesinya!




Sumber: quipper.com

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)

close
close